oleh

Warga Sebut Kawanan Sapi Berkeliaran Malam Hari di Kota Sinjai Juga Seperti Hantu, Percaya? Lihat Videonya

loading...

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Hewan ternak berkaki empat seperti sapi, kambing dan sejenisnya masih saja berkeliaran di sejumlah jalan utama dalam Kota Sinjai.

Selain dapat membahayakan penggguna jalan, hal tersebut juga kerap meresahkan warga.

Seperti yang dijumpai di Jalan Ahmad Saleh, Rabu (12/06) malam, dimana segerombol hewan peliharaan berkaki empat milik warga tersebut terlihat bebas berkeliaran mencari makan.

Bahkan menjadi pemandagan yang kurang menyenangkan. Belum lagi jika suasana di jalan itu gelap gulita, binatang-binatang tersebut seperti hantu.

Salah seorang warga Sinjai, Amirullah sangat menyayangkan masih adanya ternak sapi yang bebas berkeliaran dimana saja terutama pada malam hari.

Seharusnya kata dia, ini tidak terjadi, sebab sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas.

Ia berharap agar pemilik ternak sapi tahu diri dan tidak melepas ternak peliharaannya begitu saja, jika perlu dikandangkan atau diikat ditempat yang aman.

Menurutnya, perlu adanya kesadaran atau pemerintah dalam hal ini instansi terkait yang menangani soal penertiban hewan ternak yang berkeliaran dalam kota Sinjai lebih tegas lagi dalam melakukan penindakan.

“Kan sudah ada Peraturan Daerah (Perda) nya, jadi harus tegas, bila perlu beri efek jera kepada mereka yang segaja melepas hewan ternaknya tanpa memikirkan dampaknya”, Tandasnya.

Hal ini sebutnya, sangat penting dan harus mendapat perhatian serius. “Kasihan warga terutama pengguna jalan, khawatir jangan sampai gara-gara ternak ini ada yang jadi korban atau malah nantinya hanya akan menimbulkan persoalan ditengah-tengah masyarakat”, Ujarnya.

Belum lagi jika berkeliaran dimalam hari, sapi-sapi itu layaknya seperti mahluk jadi-jadian yang menakutkan. “Jadi ibaratnya kayak jelangkung “datang tak diundang, pulang tak diantar” mau-maunya Pak”, Sambung Amir sapaan akrabnya sambil tertawa.

Hal yang sama juga diungkapkan Taufik, warga yang tinggal di Jalan Amana Gappa, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara ini juga kerap mendapatkan kawanan ternak sapi berkeliaran.

“Biasanya di jalan pak sering kita jumpai, biasa pagi atau siang, bahkan malam hari masih saja berkeliaran, ada apa? “, Jelasnya.

Kepedulian akan hal ini sangat dibutuhkan, tak hanya pemerintah daerah namun juga seluruh masyarakat sinjai. (**)

Editor / Bahar

#wpdevar_comment_1 span,#wpdevar_comment_1 iframe{width:100% !important;}

loading…

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA KABAR SINJAI

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU