oleh

Soal Pemecatan 10 Honorer Dishub Parepare, LSM IKRA Nilai Kabag Hukum Harus Bertanggungjawab

Setiap Perintah Walikota Tidak Ditelaah Langsung Pecat Saja

PAREPARE, BB — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Institute Kebijakan Rakyat (IKRA) kota Parepare sangat menyayangkan pemerintah kota Parepare yang telah mensdzolimi tenaga honorer di lingkup Dinas Perhubungan sebanyak 10 orang.

Menurut, Direktur LSM IKRA Kota Parepare, Uspa Hakim, bahwa hasil penelusuran mereka adalah korban dampak politik bagi penguasa, bukan dinilai kinerja selama ini. Baik dinas Lingkungan Hidup maupun tenaga honorer di Dinas Perhubungan, mereka dizolimi oleh penguasa langsung asat pecat dengan istilah like and dislike (suka atau tidak suka).

“Ternyata biang masalah disini adalah kabag hukum yang selalu memerintahkan kepada para pimpinan Organisais Perangkat Daerah (OPD) untuk mencoret nama-nama yang diusulkannya. Namun yang berkembang bahwa Kabag hukum melakukan hal itu atas perintah atasanya,” Kata Uspa Hakim, kamis (13/6/2019)

Ia menambahkan Perlu diketahui, bahwa memang kabag hukum adalah kaki tangan walikota karena dialah yang paling dekat dengan walikota sehingga dipercaya oleh walikota Parepare, H.M Taufan Pawe atas apa yang diperintahkan dia bisa laksanakan walaupun merugikan orang banyak.

”ibu Hj Suriani selaku kabag hukum harus juga perhatikan nasib mereka, ini jabatan hanya sementara, mestinya kabag hukum memberikan penjelasan kepada pak wali secara logis supaya mereka tidak jadi korban,” Sesalnya.

Sementara itu Kabag hukum, Hj Suriani justru membantah jika dirinya biang masalah atas tenaga honorer yang tidak diberi SK oleh walikota.

”Jadi tidak benar itu, tugas saya hanya untuk membuat prodak hukumnya sedangkan secara teknis masalah nama-nama disulkan dalam SK itu ditangani OPD bersangkutan,” kilahnya.

Sebelumnya, pernah terjadi di lingkup dinas Lingkungan Hidup yang telah memecat sebanyak 43 tenaga kebersihan lalu sampai dikurangi lagi hanya 29 orang yang tidak diberi SK. Lalu dipertimbangkan lagi ketika para DPRD kota Parepare hering dengan kepala dinas sehingga hasilnya mereka harus dikembalikan tanpa ada dipecat. (Sam)

TRENDING :  Bantu Petani, Petaka Buktikan Kinerjanya di Tengah Masyarakat Sinjai Borong

Editor : Muh. Asdar

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BERITA BERSATU

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERDAHULU