oleh

Dosen Teknik Perkapalan Unhas Sosialisasi Inovasi Gading Baja di Sinjai

Belasan Dosen Teknik Perkapalan Unhas bersama beberapa yang dipimpin oleh Ketua Departemen Teknik Perkapalan Unhas Dr Eng Ir Suandar Baso MT mengadakan sosialisasi penggunaan gading baja sebagai gading kayu pada pembuatan kapal di salah satu kelompok nelayan yaitu Kelompok Usaha Bersama Bunaken Indah, Jalan Sunu Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (21/6/19).

Suandar menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain sebagai salah satu wujud nyata dari tri dharma perguruan tinggi Unhas adalah untuk memperkenalkan sebuah inovasi hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen Teknik Perkapalan Unhas berkaitan dengan penggunaan gading baja sebagai pengganti gading kayu pada konstruksi kapal kayu.

“Inovasi ini didasarkan pada keluhan para pembuat kapal kayu yang kesulitan mencari material kayu sebagai bahan konstruksi kapal mendorong beberapa Dosen Teknik Perkapalan Unhas melakukan penelitian untuk mencari material alternatif sebagai pengganti material kayu pada komponen konstruksi kapal Kayu,” jelasnya.

Sementara itu Ir. Lukman Bochary, selaku dosen yang melakukan penelitian terhadap inovasi ini menyampaikan bahwa prototipe pembuatan kapal dari gading baja ini masih dalam proses penyelesaian yang dilakukan di Kabupaten Takalar.

“Jadi inovasi ini masih dalam proses penyelesaian dan nantinya akan kita ujicoba, makanya kami datang ke Sinjai ini hanya untuk sebatas sosialisasi dulu, setelah kita ujicoba barulah kita akan kembali informasikan kepada pengrajin kapal termasuk yang ada di Sinjai ini, ” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa keunggulan penggunaan gading baja dibandingkan dengan gading dari kayu ini adalah perawatannya lebih mudah, umur dan ketahanan kapal lebih lebih kuat.

Sambutan para pengrajin kapal kayu sangat antusias karena inilah untuk pertama kalinya mereka mengetahui bahwa ada material alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti kayu pada pembuatan kapal kayu. (AaN)

TRENDING :  Gara-Gara Minta Naik Gaji, Kebersamaan Rashford dan MU dalam Bahaya

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA SINJAIKAB

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERDAHULU