oleh

Ratusan Nelayan Sinjai Ikuti Diklat PM PIP Makassar, Ini Tujuannya

Paparazziindo.com — Ratusan Nelayan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat 2019 yang digelar Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Dosen PIP Makassar, Ponsianus DB saat memberikan materi. (Ashari/Paparazziindo.com).

Diklat yang berlangsung 26 hingga 31 Agustus 2019 ini, para Nelayan dididik dan dilatih tentang Dasar-Dasar Keselamatan Kapal Tradisional (BST KLM), dan Kecakapan Kapal Tradisional (SKK 60 Mil).

“Diklat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta akan aspek keselamatan, keamanan, dan pencemaran selama beraktifitas di laut. Wajib mereka tahu,” kata Ponsianus DB, Dosen PIP Makassar yang ditemui disela acara Diklat di Gedung Wisma Hawai Sinjai, Selasa (27/8/2019).

Pengajar handal PIP Makassar ini mengatakan, peserta yang jumlahnya 200 orang tersebut selain diberikan pemahaman aspek keselamatan, juga disertifikasi 60 Mil. “Diklat ini adalah gelombang ke-2 selama dilaksanakan di Kabupaten Sinjai. Acara pembukaan kemarin, Capt. Hadi Kurniawan yang mewakili Direktur PIP Makassar menekankan kepada peserta untuk memperhatikan dan bersungguh-sungguh mengikuti materi/praktek yang diberikan pengajar,” terangnya.

“Yang membuka acara ini kemarin dari Dinas Perhubungan Sinjai, yakni A. Irwan Syahrani selaku Kepala Dinasnya. Dan besok, para peserta akan mengikuti uji praktek di Pelabuhan Larea-Rea,” tambahnya.

Diketahui, program Diklat yang digelar Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar ini, juga dilaksanakan di tiga daerah, yakni di Kota Kendari (Sulawesi Tenggara), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Barru (Sulawesi Selatan).

(Ashari)

#wpdevar_comment_1 span,#wpdevar_comment_1 iframe{width:100% !important;}

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA PAPARAZZIINDO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERDAHULU