oleh

Penanganan Sampah Di Sinjai Butuh Partisipasi Masyarakat

Paparazziindo.com — Berbicara soal penanganan sampah, baik didalam kota hingga kepelosok desa, itu tidak akan ada habisnya. Selama kita hidup, selama itu pula menghasilkan sampah.

Salah satu tumpukan sampah di tepi laut Desa Harapan, Pulau Kambuno, Kecamatan Pulau IX, Kabupaten Sinjai yang sulit diurai karena sampah ini sebahagian besar berbahan plastik. (Ashari/Paparazziindo.com).

Hal mendasar jika serius untuk melihat lingkungan bersih adalah menanamkan kesadaran diri dan berpartisipasi menjaga dengan tidak membuang sampah disembarang tempat, terutama pada saluran air, sungai maupun laut.

“Jika ini kita sadari bersama, keindahan kota yang asri tanpa sampah pasti kita nikmati,” ucap Arifuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai kepada Paparazzi saat bincang-bincang di Ruang Kerjanya, Senin (2/9/2019).

Dengan minimnya tenaga kebersihan DLHK, kata Arifuddin, diharapkan peran serta masyarakat dalam berpartisipasi memerangi sampah, khususnya di Kabupaten Sinjai. “Marilah kita sama-sama berkontribusi menjaga lingkungan, agar anak cucu kita kelak menikmati keindahan dan kebersihan kota Sinjai,” ungkapnya.

“Seperti halnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai atau dekat kanal (Drainase) handaknya jangan menjadikan laut atau kanal sebagai tempat pembuangan sampah, demi menjaga kelangsungan hidup ekosistem laut, apalagi sampah plastik, itu tidak akan hancur sampai puluhan tahun lamanya, dan kalau ini tetap saja berlangsung tanpa kesadaran dari kita semua, niscaya kita dan anak cucu tidak akan bisa menikmati hidup sehat,” tambahnya.

“Jadi kuncinya disini peran serta masyarakat sangat besar, paling tidak kalau kita belum bisa membersihkan jangan mengotori, agar Sinjai bisa kembali meraih piala Adipura Tahun 2019 ini. Dan itu adalah satu kebanggaan kita sebagai masyarakat Sinjai, hanya itu harapan,” sambungnya.

(Elang/Ash)

#wpdevar_comment_1 span,#wpdevar_comment_1 iframe{width:100% !important;}

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA PAPARAZZIINDO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERDAHULU