oleh

12 Masker Mata Alami Atasi ‘Mata Panda’ (Terbukti Efektif)

masker-mata-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Lelah, kurang tidur, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein menyebabkan mata—khususnya kelopak mata—mengalami sejumlah gangguan mulai dari mata merah, mata bengkak, timbul kantong mata, hingga ‘mata panda’. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, bukan? Nah, bagaimana cara mengatasinya? Menggunakan masker mata alami bisa jadi salah satunya. Apa saja yang dapat dijadikan masker mata alami?

Macam-Macam Masker Mata Alami

Guna mengatasi gangguan pada mata Anda, ada sejumlah bahan alami yang dapat difungsikan sebagai masker mata.

Berikut adalah macam-macam masker mata alami yang bisa Anda coba gunakan di rumah.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan masker mata alami yang diklaim efektif untuk mengatasi pelbagai masalah pada mata akibat kelelahan atau kurang tidur seperti kantong mata dan lingkaran hitam di sekeliling kelopak mata alias ‘mata panda’.

Cara memakai masker mata dari minyak kelapa sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada area mata di mana terdapat kantung mata atau lingkaran hitam. Lakukan kegiatan ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai gejala hilang.

2. Minyak Almond

Selain minyak kelapa, minyak almond juga bisa menjadi masker mata yang efektif guna mengatasi masalah mata bengkak dan sebagainya.

Cara memakai masker mata dari minyak esktrak kacang almond sama, yaitu Anda hanya perlu mengoleskannya pada area mata sebanyak 2-3 kali sehari. Jangan lupa untuk membersihkan area mata setelah minyak almond dirasa sudah meresap.

3. Air Bunga Mawar

Air bunga mawar adalah masker alami selanjutnya yang juga patut Anda coba untuk mengatasi ‘mata panda’ dan gangguan mata akibat kelelahan lainnya yang sedang dialami. Tak hanya itu, air mawar juga diklaim dapat memberikan efek relaksasi pada mata.

Cara menggunakan masker mata alami ini yaitu, basahi kapas dengan air bunga mawar kemudian tempelkan di area mata Anda selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Teh

Masker mata alami dari daun teh efektif untuk mengatasi ‘mata panda’, kantong mata, hingga mata terasa berat akibat rasa lelah yang luar biasa. Anda bisa menggunakan kantong daun teh, bisa teh hijau (green tea), teh hitam, maupun jenis teh lainnya yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

TRENDING :  Hormati Kematian Sulli, Teayeon dan IU Tunda Rilis Album

Cara memakai masker mata alami yang satu ini yaitu dengan mendinginkan kantong teh di dalam kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, usapkan di area mata selama 10-15 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

5. Mentimun

Mentimun adalah masker mata yang paling umum digunakan. Pasalnya, buah ini telah terbukti ampuh untuk meredakan pelbagai masalah pada mata yang diakibatkan oleh kelelahan. Tak heran, mengingat timun diperkaya oleh zat antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi peradangan.

Selain menghilangkan gejala seperti ‘mata panda’ maupun mata bengkak, manfaat masker mata yang satu ini adalah untuk menghasilkan sensasi menyegarkan pada mata Anda.

Potong timun menjadi beberapa bagian. Kemudian, tempelkan potongan timun tersebut pada area mata Anda saat tidur. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan timun yang telah didinginkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan ‘Mata Panda’

6. Tomat

Buah lainnya yang tak kalah efektif untuk mengatasi gangguan mata akibat kelelahan adalah tomat.

Kandungan zat pitokimia pada tomat menurut penelitian dapat meningkatkan pigmentasi kulit sehingga berdampak pada hilangnya warna hitam pada area sekeliling mata.

Potong tomat menjadi beberapa bagian kemudian tempelkan atau oleskan potongan tomat tersebut ke ke area sekeliling mata Anda. Gunakan masker mata alami ini sebanyak 2-3 kali sehari agar gejala bisa cepat hilang.

7. Gel Lidah Buaya

Jika selama ini gel lidah buaya lebih dikenal sebagai penyubur rambut, maka Anda juga harus tahu bahwasanya gel dari tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini memiliki manfaat lainnya yakni sebagai masker alami mata untuk mengatasi ‘mata panda’, kantong mata, dan mata bengkak.

Cara menggunakan masker mata alami dari gel lidah buaya adalah dengan mengoleskannya ke sekeliling mata kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya sebanyak 2-3 kali sehari.

TRENDING :  Penyebab Mudah Lupa dengan Mimpi yang Baru Dialami

8. Madu

Berbicara tentang madu, ada banyak sekali manfaat yang dihasilkan olehnya. Tak terkecuali, untuk difungsikan sebagai masker mata guna mengatasi gejala kurang tidur.

Cara memakai masker mata dari madu dengan mengoleskannya ke area sekeliling mata sebanyak 2-3 kali sehari. Diamkan selama 3 menit sebelum Anda membilasnya dengan air bersih.

9. Ekstrak Licorice

Berdasarkan penelitian, ekstrak akar licorice mengandung senyawa bernama glabridin yang memiliki efek inhibitor tirosinase. Hal tersebut lantas menghasilkan manfaat masker mata alami yang satu ini untuk membantu menghilangkan warna hitam yang muncul pada kulit di sekeliling mata.

Guna mendapatkan manfaat ekstrak licorice, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencampur ekstrak dengan bubuk atau isian kapsul vitamin K. Setelah dicampur hingga membentuk pasta, oleskan pada area mata secukupnya. Diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan.

Lakukan cara ini 2-3 kali sehari sampai gejala hilang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata

10. Susu dan Baking Soda

Anda juga bisa membuat masker mata alami dari campuran susu dan baking soda.

Kombinasi keduanya disebut-sebut ampuh dalam mengatasi kelelahan pada mata yang ditandai gejala seperti mata bengkak dan timbul kantong mata.

Campurkan 4 sendok makan susu bubuk bersama 2 sendok makan baking soda, kemudian tambahkan sedikit air untuk membuat keduanya menjadi krim. Setelah itu, dinginkan di dalam lemari es selama beberapa saat.

Selesai didinginkan, oleskan krim ke sekeliling mata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air secara merata. Gunakan masker mata ini sebanyak 1-2 kali sehari untuk hasil terbaik.

11. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang bisa Anda fungsikan sebagai masker mata.

Manfaat kunyit untuk mengatasi ‘mata panda’, mata bengkak, dan sebagainya tak lain karena kandungan zat antioksidannya yang dapat mengatasi peradangan.

TRENDING :  Waspada, Wanita Gemuk Lebih Mudah Terkena Kanker Payudara

Cara memakai masker mata alami ini yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu, atau bisa dihaluskan sampai menjadi krim. Setelah itu, oleskan pada area mata yang bermasalah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan.

Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai gejala ‘mata panda’, kantong mata, dan lainnya hilang.

12. Es Batu

Jika Anda tidak ingin repot-repot memotong timun atau menumbuk kunyit, es batu adalah solusi alternatif masker mata alami yang bisa dipilih.

Oleskan es batu ke sekeliling mata di mana terdapat kantong atau lingkaran hitam selama kurang lebih 10 menit.

Atau Anda juga bisa mengompres mata dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air dingin selam sekitar 30 menit. Es batu efektif untuk merelaksasi mata yang berdampak pada meredanya gejala-gejala tersebut. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dia macam-macam masker mata alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mudah sekali, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Sumber:

  1. Agarwal, S. 2017. 7 Amazing Eye Masks to Get Rid of Dark Circles and Tired Eyes. https://food.ndtv.com/beauty/7-amazing-eye-masks-to-get-rid-of-dark-circles-and-tired-eyes-1678193?ndtv_related (Diakses pada 28 September 2019)
  2. Satishkumar, A. 2019. Home Remedies To Remove Dark Circle Under Your Eyes. https://www.stylecraze.com/articles/simple-ways-to-remove-dark-circles-completely/#gref (Diakses pada 28 September 2019)
  3. Sissons, B. 2019. What causes dark circle under the eyes? https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989.php (Diakses pada 28 September 2019)

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU