oleh

Awas, Kelelahan dan Kurang Istirahat Bisa Berbahaya

loading...
lelah-kelelahan-doktersehat
Photo Source: Flickr/daviegee

DokterSehat.Com– Tidak semua orang bisa mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan di akhir pekan seperti sekarang ini. Beberapa di antaranya bahkan masih harus melakukan berbagai macam aktivitas. Masalahnya adalah jika kita sampai kelelahan dan tidak mendapatkan waktu istirahat dengan cukup, dampaknya bisa berbahaya. Bahkan, bisa jadi hal ini akan menyebabkan datangnya penyakit.

Dampak Kelelahan dan Kurang Istirahat

Kelelahan adalah hal yang wajar untuk dialami siapa saja. Apalagi jika kita juga baru bekerja dengan keras atau melakukan aktivitas yang menguras energi. Masalahnya adalah masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya waktu isirahat saat mulai mengalami kelelahan. Padahal, hal ini bisa saja menyebabkan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Selain itu, ada yang sengaja mengonsumsi minuman berenergi, kopi, suplemen, hingga merokok demi mengatasi rasa lelah dan menambah kebugaran tubuh. Meskipun hal ini bisa membantu tubuh terasa lebih enakan, dalam realitanya dampaknya bagi kesehatan justru akan sangat buruk. Kita akan mengalami kelelahan fisik, emosi, sekaligus kognitif yang berbahaya.

Beberapa Tanda Kelelahan yang Sebaiknya Diwaspadai

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai beberapa tanda kelelahan pada tubuh. Jika kita mulai merasakannya, tak ada salahnya untuk segera mengistirahatkan badan dan pikiran.

Berikut adalah tanda-tanda kelelahan tersebut.

  1. Memililki Emosi Negatif

Jangan salah, bisa jadi perasaan atau emosi negatif yang sedang kita alami adalah imbas dari tubuh yang sedang kelelahan. Kita seperti merasa hidup kurang berarti, pesimis akan berbagai hal, dan merasa seperti tidak dihargai. Alih-alih menuruti emosi ini, sebaiknya kita mengistirahatkan badan dan pikiran.

  1. Tubuh yang Tak Kunjung Terasa Bugar

Tubuh yang kelelahan ditandai dengan sensasi lelah dan tidak nyaman saat bangun tidur. Kita seperti masih ingin kembali terlelap namun tak bisa melakukannya. Selain tubuh yang kelelahan, bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh gangguan mental seperti depresi.

  1. Stres

Kita juga akan mengalami stres saat sedang kelelahan. Stres ini bisa berupa sensasi tegang dan tidak nyaman pada tubuh atau stres pikiran. Keduanya bisa menyebabkan datangnya penyakit kronis dan peradangan jika tak kunjung ditangani dengan baik.

  1. Sulit Bekerja dan Berkonsentrasi

Banyak orang yang memaksakan diri untuk tetap bekerja meski tubuh dan pikiran sudah mengalami kelelahan. Masalahnya adalah hal ini justru akan membuat kelelahan akan semakin memburuk. Kita pun tidak akan bisa bekerja dengan baik, tidak mampu berkonsentrasi, dan akhirnya menunda pekerjaan sehingga justru tak kunjung bisa diselesaikan.

  1. Merasa Stagnan dan Apatis

Jika kita merasa seperti melakukan hal yang sama berulang-ulang setiap hari sehingga terasa kurang berguna, maka hal ini menandakan bahwa tubuh dan pikiran sudah sangat kelelahan. Kita juga cenderung menjadi tak begitu peduli atau peka dengan kondisi lingkungan sekitar.

TRENDING :  Bolehkah Berolahraga Setelah Begadang? Cek Jawabannya di Sini!

Beberapa Penyakit Karena Kelelahan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa penyakit yang bisa muncul akibat kelelahan dan kurang istirahat.

Berikut adalah penyakit-penyakit tersebut.

  • Migrain adalah dampak pertama yang akan dirasakan jika kita mengalami kelelahan dan stres. Kurang tidur dan paparan peralatan teknologi berlebihan juga bisa memicu hal ini.
  • Gangguan pencernaan seperti asam lambung tinggi dan sembelit bisa terjadi jika kita mengalami stres dan kelelahan.
  • Masalah kesehatan kulit layaknya jerawat, gatal-gatal, hingga kulit kering juga bisa terjadi jika kita mengalami kelelahan. Hal ini disebabkan oleh dampak stres bagi kesehatan kulit.

Sumber:

  1. 2019. Waspada Kelelahan Bekerja Akut yang Bisa Sebabkan Kematian. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170904172713-255-239361/waspada-kelelahan-bekerja-akut-yang-bisa-sebabkan-kematian. (Diakses pada 29 September 2019).

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU