oleh

Begini Respon Masyarakat Sinjai Mengenai Program Home Care Dan Home Visit

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Setahun kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, telah melahirkan banyak program dan inovasi.

Misalnya, program di bidang kesehatan Home Care dan Home Visit yang terus mendapat respon positif.

Bahkan masyarakat Sinjai meminta program unggulan ini terus dilanjutkan karena dinilai telah memberi banyak membantu dan memberi manfaat kepada masyarakat.

Salah satu warga yang telah merasakan manfaat dari program ini, Fatmawati. Warga Jalan Panaikang Raya Dusun Bangko Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, ini mengaku sangat terbantu sekali dengan program ini.

Baca Juga: Dibidang Keagamaan, Bupati Sinjai Berhasil Bangkitkan Kembali Baznas

Betapa tidak, Fatmawati yang memiliki ibu bernama Hj. Bunga yang sudah tua dan sakit-sakitan (tidak mampu lagi berjalan), sehingga harus mendapat perawatan di rumah secara rutin dari petugas home care dan home visit.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya program dari Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, karena saya tidak perlu lagi membawa ibu saya ke Puskesmas tapi saya hanya menelfon petugasnya disana, tidak lama berselang mereka sudah datang kesini memeriksanya”, ujarnya saat ditemui Minggu (29/9/19)

Yang lebih hebatnya lagi, Fatmawati sangat mengapresiasi program ini karena dianggap tidak setengah-tengah dalam penerapannya. Pasalnya, tidak hanya perawat yang disiapkan, akan tetapi dokternya juga siap.

“Saya kira hanya perawat yang datang ternyata ada dokternya ikut. Ini yang membuat kami puas karena dokternya langsung yang melakukan pemeriksaan sehingga kami tidak khawatir lagi jika dirawat di rumah, apalagi tidak ada biaya sama sekali yang kami keluarkan, semoga program ini terus dilanjutkan”, pintanya.

Senada, Bua (61) warga Dusun Buakang Desa Panaikang, yang juga merasakan manfaat dari program tersebut. Menurutnya, berkat ini banyak masyarakat yang sudah terbantu, termasuk dirinya yang pernah mendapat luka sabetan parang pada kakinya.

Baca Juga: Peternak Sapi di Sinjai Mengaku Bangga Punya Pemimpin yang Peduli dengan Kesejahteraan

Dengan bantuan tenaga medis yang datang kerumahnya lukanya pun kini telah sembuh. “Makkesssing kaleni sedding tauwe,  dena nafarellu tauwee lao ri Puskesmas afa nalaoi tauwe nahurai (Sekarang ini pelayanan kesehatan sudah bagus karena pasien tidak perlu lagi ke Puskesmas tapi dia yang datang mengobatinya),” kata Puang Bua dengan bahasa bugis.

Tidak hanya mendapatkan perawatan, kata dia, petugas juga datang memberikan penyuluhan dan edukasi (home visit)  bagaimana menjaga pola hidup bersih sehingga terbebas dari penyakit.

Sebelum mengetahui kemudahan program ini, beberapa bulan sebelumnya petugas kesehatan mengunjungi rumahnya untuk melakukan pendataan dan edukasi (home visit). (And/Clk)

Editor/Bahar

#wpdevar_comment_1 span,#wpdevar_comment_1 iframe{width:100% !important;}

loading…

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA KABAR SINJAI

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU