oleh

Pengkaderan Ansor Banser Sinjai, ‘Kembali’ ke Pesantren

loading...
SINJAI, Suara Jelata—Setelah melalui gemblengan langsung selama tiga hari sejak 26-29 September oleh Kasat Korwil BANSER Sulsel, akhirnya 23 calon kader Ansor/Banser Sinjai dikukuhkan. Minggu, (29/9/2019).

Diklat Terpadu Dasar (DTD) II Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sinjai kali ini ditempatkan di Lokasi Pesantren Darul Qur’an Al-Umm Laiyya, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai.

Pembaitan sendiri dihadiri langsung oleh Kasat Korwil Banser Sulsel Abbas Rauf A Rani, Ketua Ansor Sinjai Haris, Kasatkorcab Banser Sinjai Izhar, Sahabat Ketua KPU Sinjai Muhammad Naim, Sahabat Bawaslu Sinjai Muhammad Rusmin dan jajaran Ansor/Banser Sinjai.

Ketua Ansor Sinjai Haris mengatakan DTD III kali ini agak berbeda dengan DTD sebelumnya. Ini dikarenakan pemilihan Pesantren sebagai lokasi kegiatan.

Kembali ke pesantren atau back to pesantren adalah keinginan meletakan Gerakan Pemuda Ansor pada posisi semula yang lekat dan tidak bisa dipisahkan dari garba pondok pesantren.

“Karena sejatinya pesantren adalah sebagai tempat pengembangan keagamaan (tafaqquh fiddin), pendidikan dan dakwah, dan pusat pengembangan social kemasyarakatan (the social movement), itu juga yang ingin kita tanamkan dalam jiwa kader kita di Sinjai,”katanya.

Selain itu, dipilihnya Pesantren di Kecamatan Bulupoddo ini sebagai wujud penyatuan Ansor/Banser terhadap alam,” Mencintai Desa adalah salah satu wujud cinta tanah air, komitmen kami kedepan akan selalu mengupayakan setiap pengkaderan untuk dilaksanakan di Pesantren agar bisa berbaur dengan santri,” tambah Haris.

Peserta DTD III Ansor/Banser Sinjai, (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Kasat Korwil Banser Sulsel Abbas Rauf A Rani berpesan pada kader Ansor/Banser yang sudah di ba’iat agar keberadaan Ansor/Banser adalah untuk menjadi penjaga NKRI, perekat ukhuwah kebangsaan dan pelindung Ulama.

“Selamat bergabung sahabat-sahabat di Ansor, Kader Banser akan diproyeksikan untuk tetap konsisten mempertahankan persatuan Indonesia dalam kebinnekaan NKRI, serta menjaga para ulama,”bebernya.

TRENDING :  Pemkab Sinjai Jalin Kerjasam Dengan P3TGAI Dalam Meningkatkan Layanan Irigasi di Sektor Pertanian

Sekedar diketahui, Sinjai sendiri sampai saat ini sudah berjumlah sekitar 200 kader Ansor/Banser dan aktif melakukan kaderisasi sejak kepemimpinan mantan Ketua Ansor Sinjai Muhammad Naim yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPU Sinjai.

Saat ini kepemimpinan Ansor Sinjai oleh Haris, dan rencananya kembali akan mengadakan kegiatan besar dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional bulan Oktober mendatang.


Loading…
loading…
  • Whatsapp

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA SUARA JELATA

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU