oleh

Permen Karet Bisa Mengatasi Lapar?

permen-karet-doktersehat
Photo Source: Flickr/juditk

DokterSehat.Com– Permen karet dikenal luas sebagai camilan yang asyik untuk dikonsumsi. Meskipun tidak bisa ditelan karena bahan utamanya adalah karet, pakar kesehatan menyebut mengonsumsi permen karet bisa membantu mengatasi lapar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Cara Permen Karet Mengatasi Lapar

Banyak orang yang kebingungan untuk menahan rasa lapar saat sedang menjalani program diet. Jika sampai salah mengonsumsi makanan atau camilan, bisa jadi hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan, sesuatu yang tentu tidak diharapkan. Beruntung, pakar kesehatan menyebut permen karet bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal ini.

Jika dibandingkan dengan permen biasa, permen karet cenderung memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, saat mengunyahnya, kita akan memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini ternyata bisa berimbas pada munculnya sinyal seakan-akan kita sedang mengonsumsi sesuatu sehingga rasa lapar pun bisa diredakan dengan signifikan.

Pakar kesehatan juga menyebut permen karet tidak akan membuat nafsu makan rusak. Hal ini berarti, asalkan permen karet yang dipilih adalah yang bebas gula, tidak dikonsumsi dengan berlebihan, dan kita tetap menerapkan pola makan yang sehat, maka berat badan bisa diturunkan atau dijaga dalam kondisi yang tetap ideal.

Berbagai Manfaat Kesehatan Lain dari Permen Karet

Selain bisa memberikan dampak positif bagi berat badan, pakar kesehatan menyebut ada berbagai hal lain yang bisa kita dapatkan jika kita sering mengonsumsi permen karet.

Berikut adalah berbagai manfaat tersebut.

  1. Mengatasi Sensasi Mual atau Ingin Muntah

Jika kita merasakan sensasi mual dan tidak enak badan, tak ada salahnya untuk mengunyah permen karet demi mengatasinya. Hal ini disebabkan oleh produksi air liur yang meningkat dan menetralkan asam lambung sekaligus membuat perut menjadi lebih nyaman. Hanya saja, kita juga harus cermat dalam memilih permen karet yang tepat untuk mengatasinya.

TRENDING :  Patent Ductus Arteriosus (PDA): Penyebab, Gejala, Pengobatan

Ada yang lebih cocok mengonsumsi permen karet rasa mint karena bisa membuat sensasi mual lebih cepat mereda, namun ada pula yang memilih untuk menghindarinya karena rasa mint justru bisa membuat lambung terasa lebih perih.

  1. Bisa Memperlancar Pencernaan

Meski masih menjadi perdebatan pakar kesehatan, ada sebagian orang yang mengaku mampu mengatasi masalah susah buang air besar jika mengonsumsi permen karet. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi air liur yang bisa merangsang usus untuk bergerak dengan lebih baik.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Jika kita sedang stres atau mengalami gangguan suasana hati, tak ada salahnya untuk mencoba mengatasinya dengan mengunyah permen karet. Aromanya yang menyegarkan dan rasanya yang nikmat bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang dan suasana hati pun semakin membaik.

Bagi sebagian orang, mengunyah permen karet juga bisa memperbaiki konsentrasi dan mendapatkan ide-ide yang jauh lebih baik sehingga membuat produktivitas kerja semakin meningkat.

  1. Baik bagi Kesehatan Gigi

Beberapa jenis permen karet ternyata bisa membantu membuat gigi menjadi lebih kuat dan putih. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi air liur dan tekstur permen karet yang bisa membantu membersihkan bagian sela-sela gigi. Hanya saja, jika kita mengalami masalah pada rahang, sebaiknya tidak mengunyahnya untuk sementara demi memulihkannya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Pakar kesehatan menyebut mengunyah permen karet ternyata bisa membantu meningkatkan kemampuan memori dalam jangka pendek. Aktivitas mengunyah mampu membuat aliran darah di bagian mulut meningkat dan akhirnya mempengaruhi sirkulasi darah menuju otak.

Sumber:

  1. 2015. Permen Karet Bisa Halau Rasa Lapar. www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150324150807-255-41466/permen-karet-bisa-halau-rasa-lapar/. (Diakses pada 29 September 2019).

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU