oleh

5 Jenis Masker Polusi Terbaik untuk Menghalau Polutan

loading...

DokterSehat.Com – Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak buruk polusi udara bagi kesehatan adalah dengan menggunakan masker polusi udara. Masker seperti apa yang bagus untuk menghalau polutan? Ketahui jenis masker polusi udara terbaik untuk menangkal asap atau polusi udara. 

Apa Itu Polusi Udara? 

Polusi udara adalah pelepasan polusi ke udara yang akan merugikan tidak hanya kesehatan manusia, namun juga keselamatan semua makhluk hidup dan lingkungan.

Penyebab polusi udara adalah partikel padat, cair, dan gas-gas tertentu yang tersuspensi di udara yang disebut dengan aerosol. Partikel-partikel dan gas tersebut berasal dari asap kendaraan, limbah pabrik, debu, letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dll.

Baca Juga: Polusi Udara Ternyata Bisa Berimbas Buruk Pada Reproduksi Wanita

Bahaya Polusi Udara 

Polusi udara sangat mengancam kesehatan dan bahkan disebut sebagai pembunuh tidak terlihat. Udara yang buruk akan memengaruhi pernapasan Anda dan akan berakibat pada berbagai penyakit pernapasan serta kualitas hidup.

Berikut ini adalah daftar bahaya polusi udara bagi kesehatan manusia, yaitu: 

  • Mengganggu sistem pernapasan 
  • Memicu penyakit kardiovaskular 
  • Menambah stres pada jantung dan paru-paru 
  • Merusak sel-sel dalam sistem pernapasan 
  • Mempercepat penuaan paru-paru 
  • Memperbesar risiko kanker 
  • Memicu penyakit jantung
  • Menyebabkan penyakit ISPA 

Terdapat banyak sekali dampak buruk dari polusi udara. Tingkat polusi udara umumnya meningkat di kota-kota besar karena aktivitas sehari-hari seperti banyaknya asap dari kendaraan, aktivitas pabrik, asap rokok, dll. Kurangnya pepohonan sebagai fungsi untuk menyerap udara kotor juga memperburuk kualitas udara. 

Baca Juga: Anak Ini Meninggal Gara-Gara Polusi Udara

Jenis Masker Polusi Udara 

Salah satu hal paling sederhana untuk mengurangi dampak buruk polusi udara adalah dengan menggunakan masker polusi udara atau masker untuk asap, walaupun hal ini tidak serta merta menyelesaikan masalah polusi udara itu sendiri. 

Penggunaan masker polusi udara sangat disarankan jika Anda tinggal di tempat dengan kualitas udara yang buruk bahkan berkabut atau jika Anda sedang berada di jalan dengan asap kendaraan yang pekat.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis masker polusi udara yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan Anda, yaitu: 

  1. Masker Sederhana

Jenis masker polusi yang pertama adalah masker sederhana. Masker polusi sederhana adalah masker yang biasa Anda gunakan dan dijual di pasaran. Masker jenis ini terbuat dari bahan biasa dengan lapisan penyaring polutan dengan efektivitas sekitar 40%. 

Masker sederhana ini aman untuk Anda pakai jika kualitas udara di daerah Anda belum terlalu pekat. Anda dapat menggunakan masker ini selama 8 jam per hari karena masker jenis ini tidak dapat dicuci. Bila Anda cuci, serat kain dari masker tersebut akan melebar dan tidak efektif lagi dalam menyaring polutan.

  1. Masker Bedah 

Masker bedah adalah masker yang umumnya digunakan oleh dokter atau suster dalam proses pembedahan di rumah sakit. Masker bedah atau masker flu umumnya memiliki warna hijau atau putih dengan lapisan tipis sebagai penghambat polusi udara.

Sebenarnya, masker bedah bukanlah jenis masker polusi udara karena lapisannya hanya untuk menghambat bakteri atau virus, bukan menyaring polutan. Walaupun begitu, banyak orang yang menggunakan masker bedah sebagai masker anti polusi. Masker bedah hanya dapat Anda gunakan satu kali. 

  1. Masker Kain atau Buff 

Masker kain atau buff umumnya digunakan oleh para pengendara motor sebagai antisipasi polusi asap kendaraan di jalan, namun masker untuk asap ini kurang efektif karena tidak ada lapisan untuk menyaring polutan. 

  1. Masker N95 

Masker respirator adalah jenis masker polusi udara yang paling efektif untuk melindungi diri Anda dari bahaya polutan. Salah satu jenis masker respirator adalah tipe N95. Masker N95 efektif untuk menghalau polutan hingga 95%.

Masker N95 efektif menyaring bakteri, debu-debu kecil, hingga virus-virus penyebab flu babi, flu burung, dan TBC. Masker N95 biasanya digunakan di rumah sakit, laboratorium, kamar mayat serta digunakan polisi lalu lintas. 

Jika Anda berada di wilayah dengan kualitas udara sangat buruk atau wilayah berkabut, Anda sangat disarankan menggunakan masker N95 ini. Masker N95 dapat menyaring polutan dengan partikel PM 2,5 atau ukuran partikel tak kasat mata berukuran 2,5 mikrometer yang tidak dapat tersearing oleh masker sederhana, dan partikel ini sangat mematikan jika menumpuk di paru-paru.

  1. Masker Polusi N99 dan N100

Masker polusi N99 lebih kuat dari masker N95. Masker N99 efektif menyaring polutan hingga 99% dan bahkan menghalau partikel berukuran 0,3 mikrometer. Sedangkan, masker N100 dapat menyaring polutan hingga 99,97% dan termasuk dalam masker HEPA (High Efficiency Particulate Air) yaitu sebuah filter yang disertifikasi dengan standar Institut Ilmu Lingkungan dan Teknologi. 

Baca Juga: Penting, Ini Vitamin yang Harus Dipenuhi Saat Sering Terkena Polusi Udara

TRENDING :  Gara-Gara Diskriminasi Gender, Restoran Ini Didenda Nyaris Rp900 Juta

Tips saat Polusi Udara 

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk Anda dan keluarga dari bahaya polusi udara, yaitu: 

  • Cek kualitas udara di wilayah Anda sebelum Anda berpergian. Anda dapat mengeceknya melalui BMKG atau sumber lainnya. 
  • Hindari aktivitas di luar ruangan bila udaranya sangat pekat atau berkabut. 
  • Terapkan budaya hemat energi dengan tidak selalu menggunakan kendaraan yang akan meningkatkan level polutan.
  • Terapkan budaya cinta lingkungan dengan menanam pohon dan kampanye kesehatan lingkungan lainnya. 
  • Jika Anda harus keluar saat kualitas udara buruk atau di wilayah berkabut, disarankan untuk menggunakan masker untuk asap.

Polusi udara sangat mengancam kesehatan Anda. Walaupun Anda dapat menggunakan berbagai jenis masker polusi udara untuk mengurangi bahaya polusi, tetap saja solusi terbaik adalah dengan mengembalikan kualitas udara jadi sehat kembali dengan berbagai gerakan cinta lingkungan.

Sumber: 

  • FreshLiving. 2019. Air Pollution Mask – Different Types & Effectiveness Study. https://freshliving.in/air-pollution-mask/. (Diakses pada 1 Oktober 2019). 
  • Spare The Air. 2019. Air Quality Information. http://www.sparetheair.com/health.cfm. (Diakses pada 1 Oktober 2019).
  • Climate Kids Nasa. 2019. What Causes Air Pollution?. https://climatekids.nasa.gov/air-pollution/. (Diakses pada 1 Oktober 2019).
  • American Lung Association. 2017. 10 Tips to Protect Yourself from Unhealthy Air. https://www.lung.org/our-initiatives/healthy-air/outdoor/air-pollution/10-tips-to-protect-yourself.html. (Diakses pada 1 Oktober 2019).

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU