oleh

Ini Harapan SAdAP di Hari Kesaktian Pancasila

MAKASSAR, BB – Setiap 1 Oktober diperingati Hari Kesaktian Pancasila. Rakyat Indonesia kembali mengenang hari bersejarah pada tanggal 30 September 1965.

Faktanya sebuah peristiwa gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis.

Bahkan pristiwa itu enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September.

Dalam catatan sejarah korban dari peristiwa itu adalah Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jendral Raden Soeprapto, Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jendral Siswondo Parman, Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo dan Lettu Pierre Andreas Tendean

Mereka gerakan itu melakukan kudeta yang hendak mengganti ideologi negara gagal di lakukan oleh PKI, dan akhirnya mereka di bekukan secara kelembagaan dan dilarang untuk beraktifitas mengembangkan ideologinya karena dapat mengancam eksistensi pancasila sebagai ideologi yang sudah final diterapkan dalam kehidupan sosial-politik bangsa ini.

Mengenang masa peristiwa itu salah satu balon Wali Kota Makassar, Syarifuddin Dg. Punna yang akrab disapa SAdAP mengingatkan momentum sejarah tersebut.

Ia mengemukakan pentingnya memahami nilai-nilai pancasila yang merupakan ideologi pemersatu, memberi pencerahan hidup dan menjaga falsafah bernegara.

Menurut dia, Indonesia menjadi negara yang kuat jika pancasila tetap berdiri kokoh tanpa ada yang menggerogoti melalui aturan-aturan serta perundang-undangan yang disusun tanpa merujuk pada nilai pancasila.

“Nah jika pancasila di amalkan oleh generasi muda Indonesia. Saya yakin konflik sosial yang akhir-akhir ini terjadi dibeberapa daerah dapat dicegah, demonstrasi anarkis bisa diminimalisir. Dan tak ada lagi anak yang putus sekolah, sebab pancasila menjadi solusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”ungkap SAdAP, Selasa (1/9/2019)

TRENDING :  Ketua AFK Sinjai Beri Dukungan Langsung Acrab di Babak 34 Besar LFN

Kendati demikian mengucapkan Selamat Hari Kesaktian pancasila, 1 Oktober 2019.

“Jaga NKRI, jaga Persatuan, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila,” ketusnya. (**)

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BERITA BERSATU

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU