oleh

Kepala Desa Kalobba Gagas Pembentukan Relawan Penaggulangan Bencana Desa, Libatkan BPBD

loading...

SINJAI BB — Kepala Desa Kalobba Kecamatan Telluimpoe Kabupaten Sinjai, Taufiq SS menggagas pembentukan relawan tanggap bencana di desanya sebagai langkah awal membangun kesiapsiagaan masyarakat Desa Kalobba menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Untuk merealisasikan gagasannya itu, Kepala Desa Kalobba yang dikenal konsisten dengan komitmen program pemberdayaan dan pelibatan masyarakat di desanya, hari ini, Selasa (01/10/2019) menggelar sosialiasi dan diskusi penyelenggaraan penanggulangan bencana di Aula Kantor Desa Kalobba.

Sosialisasi dan diskusi yang melibatkan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jajaran aparat pemerintah desa serta beberapa aktivis kemanusiaan Desa Kalobba, menghadirkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta Kepala Seksi Pencegahan, anggota TRC dan Pusdalops PB BPBD serta Ketua Harian Tagana Kabupaten Sinjai sebagai narasumber.

Dalam sambutannya pada acara Kepala Desa Kalobba, Taufiq SS menyampaikan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana memerlukan sinergitas antara pemerintah dengan segenap pemangku kepentingan, termasuk pelibatan masyarakat desa.

“Dalam upaya membangun kesiapsigaan masyarakat menghadapi ancaman bencana, maka pelibatan masyarakat dalam rangkaian penanggulangan bencana menjadi sebuah keniscayaan sehingga Pemerintah Desa Kalobba memiliki peran dan tanggung jawab untuk senantiasa memberikan perlindungan kepada segenap warga masyarakat dari setiap ancaman bencana,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sinjai, Budiaman dalam mengawali materinya menyampaikan apresiasinya terhadap segala bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah desa bersama dengan segenap warga masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Upaya yang ditempuh oleh Kepala Desa Kalobba bersama dengan segenap anggota BPD merupakan rangkaian penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi berbagai macam ancaman bencana, tentunya menyambut baik gagasan pemerintah Desa Kalobba untuk membentuk relawan penanggulangan bencana karena ini akan sangat membantu kami dalam melaksanakan amanat penanggulangan bencana,” jelasnya.

TRENDING :  Rumah Mahasiswi di BTN Lappa Mas 5 Dibobol OTK, Motor dan Laptop Raib, Isi Rumah di Obrak Abrik

Menurutnya, Ini merupakan desa kedua di Kabupaten Sinjai pada tahun 2019 yang menggelar sosialisasi dan diskusi penanggulangan bencana menyusul kegiatan yang sama di Desa Pulau harapan Kecamatan Pulau Sembilan beberapa hari yang lalu.

Sedangkan Ketua Harian Tagana Kabupaten Sinjai, Abd. Haris yang juga merupakan pengurus PMI Kabupaten Sinjai, menguraikan keberadaan serta tugas, fungsi dan tanggung jawab relawan kebencanaan dalam rangkaian kegiatan penyelenggaraan penaggulangan bencana.

“kami berarap kegiatan sosialisasi dan diskusi ini yang nantinya diharapkan melahirkan out put berupa pembentukan relawan, dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan pelatihan dan simulasi penanganan bencana,” Kuncinya. (Ads)

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BERITA BERSATU

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU