oleh

7 Cara Alami Menangani PCOS pada Wanita

loading...
mengatasi-pcos-pada-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang menjadi momok terbesar kaum hawa adalah PCOS. Kalau seorang wanita mengalami PCOS, mereka akan sulit mengalami menstruasi, ovulasi terganggu, dan kemungkinan besar memicu sulitnya mendapatkan kehamilan.

Mengenal Beberapa Tanda Umum PCOS

Wanita yang mengalami Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) umumnya memunculkan gejala khusus. Karena di dalam tubuhnya terdapat testosteron yang jauh lebih banyak, hal-hal di bawah ini bisa terjadi.

  • Munculnya rambut di wajah seperti kumis yang jauh lebih tebal. Selain wajah, beberapa bagian tubuh lain juga memunculkan rambutnya yang lebih lebat.
  • Menstruasi yang dialami oleh wanita tidak teratur. Wanita lebih sering telat menstruasi yang artinya ovulasi yang dialami juga mengalami gangguan.
  • Wajah akan memiliki cukup banyak jerawat. Hormon yang tidak seimbang membuat jerawat yang ada di wajah tumbuh dengan subur.
  • Cenderung mengalami obesitas dengan cepat.
  • Semakin sulit mendapatkan kehamilan dan wanita menjadi infertil.

Menangani PCOS secara Alami

PCOS memang tidak mudah ditangani dan umumnya harus melakukan terapi hormonal. Meski demikian, beberapa cara alami bisa dilakukan untuk mengurangi gejala dan menstabilkan kondisi hormon di tubuh.

  1. Perubahan Diet

Hal pertama yang harus ditangani dengan baik kalau ingin menekan kondisi PCOS pada tubuh alah dengan mengatur diet. Jangan asal mengonsumsi makanan kalau akhirnya memberikan efek negatif dan membuat hormon semakin kacau.

Umumnya diet yang harus dilakukan oleh mereka yang mengalami PCOS adalah mengonsumsi whole food dan tidak berpengawet. Selanjutnya, makanan yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung komponen anti inflamasi yang besar.

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang. Komposisi antara karbohidrat dan juga protein tidak boleh kurang karena tubuh tetap butuh energi. Terakhir, sebisa mungkin untuk menjauhi kopi dan sejenisnya dan menambah serat pangan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah hal paling penting kalau pengidap PCOS ingin segera mendapatkan keturunan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, wanita dengan kondisi PCOS umumnya memiliki tubuh yang lebih besar atau obesitas.

TRENDING :  Anemia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Cara Mengobati

Nah, kalau kondisi obesitas yang dialami oleh tubuh tetap dipertahankan, kemungkinan besar bisa terjadi beberapa masalah seperti hormon tidak seimbang hingga rawan mengalami beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes.

  1. Olahraga secara Rutin

Melakukan olahraga dengan rutin akan membantu Anda dalam mengatasi masalah gula darah. Kalau olahraga dilakukan dengan rutin, gula darah berlebihan akan menurun dan fungsi dari insulin di tubuh bisa berjalan dengan lancar.

Rutin melakukan olahraga juga bisa membuat mood membaik dan membuat kualitas tidur semakin meningkat. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda tidak harus sampai pergi ke gym. Jalan kaki atau jogging ringan saja sudah cukup asal konsisten.

  1. Menggunakan Suplemen Makanan

Suplemen makanan juga dibutuhkan untuk membuat kondisi PCOS yang dialami oleh tubuh membaik dengan sendirinya. Beberapa suplemen makanan yang bisa dikonsumsi terdiri dari omega-3, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks.

Selanjutnya bahan alami juga bisa digunakan untuk membuat tubuh jadi lebih sehat. Bahan alami akar maca, ashwagandha, akar licorice, tribulus, dan lainnya. Gunakan herbal yang memang ada di daerah Anda dan direkomendasikan dokter.

  1. Mengonsumsi Makanan Probiotik

Probiotik adalah makanan yang mengandung bakteri baik. Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik tidak hanya membuat pencernaan menjadi sehat, inflamasi yang terjadi di tubuh juga bisa diminimalkan dengan maksimal.

Probiotik yang dikonsumsi secara rutin juga bisa membuat hormon androgen dan estrogen jadi lebih seimbang. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik seperti yoghurt, kimchi, atau makanan dengan proses fermentasi lainnya.

Beberapa makanan yang difermentasi memiliki rasa asam yang cukup kuat. Kalau Anda tidak kuat dengan rasa asam bisa ditambahkan dengan madu atau sejenisnya. Konsumsi sesuai dengan takaran atau kemampuan agar tidak sakit di perut.

  1. Kurangi Stres Berlebihan

Momok terbesar dari penderita PCOS adalah mengalami inflamasi yang berlebihan di tubuhnya. Inflamasi yang berlebihan ini menyebabkan gangguan di ovarium semakin parah dan kondisi tubuh tetap saja infertil akibat sel telur yang tidak terbentuk.

TRENDING :  Apa Itu Shuttle Run? Ketahui Manfaat, Cara, Aturan, dll

Nah, salah satu pemicu naiknya oksida stres di dalam tubuh adalah stres yang berlebihan. Seseorang yang mengalami stres berlebihan umumnya akan mengalami inflamasi di tubuhnya.

Kalau Anda mengalami PCOS, lebih banyaklah untuk relaksasi dan menenangkan pikiran. Kondisi PCOS memang sangat berat, tapi tetap bisa dilalui kalau Anda melakukan pengobatan dengan baik dan sabar.

  1. Pola Tidur yang Baik

Selain stres yang berlebihan, pemicu inflamasi yang berlebihan di dalam tubuh selanjutnya adalah insomnia. Gangguan tidur yang terjadi secara rutin bisa meningkatkan oksida stres di dalam tubuh dan juga gangguan hormon.

Dengan pola tidur yang baik  seperti 7-9 jam sehari, kondisi seperti ini tidak akan terjadi lagi. Anda bisa lebih sehat secara menyeluruh dan gangguan seperti PCOS atau penyakit lain bisa diatasi.

Inilah beberapa ulasan tentang cara menangani kondisi PCOS secara alami. Beberapa cara di atas memang tidak langsung serta-merta membuat wanita mudah mengalami kehamilan. Namun, kondisi hormonal di tubuh wanita akan membaik.

Selain melakukan beberapa cara di atas, konsultasi dan pemeriksaan rutin harus benar-benar dilakukan. Lakukan apa yang disarankan oleh dokter agar program memiliki momongan bisa berjalan dengan lancar.

Sumber:

  1. Galan, Nicole. 2019. What are the best natural treatments for PCOS?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326560.php. (Diakses pada 12 Oktober 2019).
  2. Watson, Kathryn. 2018. 30 Natural Ways to Help Treat Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). https://www.healthline.com/health/womens-health/natural-treatment-pcos. (Diakses pada 12 Oktober 2019).
  3. Konstantinovsky, Michelle. 2019. 6 Natural Treatments for PCOS. https://www.onemedical.com/blog/get-well/pcos-treatment. (Diakses pada 12 Oktober 2019).
  4. Wong, Cathy. 2019. Natural Approach to Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). https://www.verywellhealth.com/natural-approach-to-polycystic-ovary-syndrome-pcos-90064. (Diakses pada 12 Oktober 2019).

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

TRENDING :  5 Tips Mencegah Serangan Jantung
loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU