oleh

Asyiknya Jajanan Lampung: dari Seruit sampai Harumnya Kopi

BERKUNJUNG ke Lampung rasanya belum sempurna jika tak sempat mencicipi makanan khas masyarakat setempat. Salah satu makanan khas yang direkomendasikan untuk wisatawan adalah seruit.

Ini adalah sejenis ikan bakar yang dipadupadankan dengan sambal terasi, temoyak atau mangga. Rasanya perpaduan rasa gurih, pedas, dan sedikit asam,
Kuliner Andalan Lampung membuat lidah mengecap tak ada habisnya.

“Makanan seruit ini banyak disajikan oleh masyarakat Lampung pada perayaan hari besar atau hajatan keluarga. Tetapi di area wisata, seruit amat mudah
dijumpai,” kata Iwan salah seorang pedagang Seruit.

Adapun jenis ikan yang dipakai untuk membuat seruit beragam, mulai dari ikan balide, ikan layis, ikan baung, dan jenis ikan dari sungai besar lainnya. Seruit nikmat disantap dengan tambahan lalapan.

Selain seruit, Lampung juga dikenal dengan pangan tempoyak. Ini adalah makanan berbahan baku durian yang mengalami proses fermentasi. Lalu ada juga keripik, kemplang Lampung, gulai taboh, engkak, gabing, kue lapis legit, bakso soni, pindang, sambal Lampung dan pandap.

Kudapan lainnya adalah sekubal dan manisan Lampung. Sekubal merupakan makanan yang berbahan dasar ketan dan santan yang dibungkus daun pisang dan cara memasaknya dengan dikukus.

Proses pembuatan sekubal membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu delapan sampai sepuluh jam. Sekubal cocok disajikan bersama tape ketan dan bumbu rendang. Rasanya gurih dan mengenyangkan sehingga sering disajikan saat ada acara perayaan hari besar atau hajatan (pernikahan).

Tak hanya dikenal dengan makanan tradisional yang enak, Lampung juga dikenal dengan Kopi Robustanya. Kopi asal Lampung ini sangat terkenal tidak hanya diwilayah Indonesia tetapi juga mancanegara.

Bagi para pecinta kopi, tentu tidak asing lagi dengan kopi robusta. Lampung menjadi daerah penghasil robusta terbesar di Indonesia, karena sekitar 70
ersen Kopi Robusta yang ada di pasaran domestik berasal dari Lampung.

TRENDING :  Penolakan RUU KPK Dinilai Ditunggangi, FT Unibos Makassar: Teknik Tarik Diri

Bahkan, di Indonesia, Lampung menjadi salah satu daerah pengekspor Kopi Robusta yang terbesar. Ini membuat kopi robusta Lampung terkenal di berbagai negara seperti Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Armenia, Belgia, Bulgaria, Georgia, Jepang, Jerman, Malaysia, Maroko, Mesir, Hongkong,
India, Inggris, Iran, Italia, Portugal, Republik Ceko, Rumania, Rusia, Singapura, Swiss, Swedia, dan Yunani. (koesma/fs)

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA POSKOTA NEWS

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU