oleh

Ayo Makan Ikan, Ini Tips Memilih yang Segar

AYO makan ikan! Begitulah ajak Menteri Susi Pusjiastuti. Ikan memang memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tapi kandungan nutrisi ini tidak lagi optimal bila kita mengonsumsi ikan yang kualitasnya telah menurun.

Ada beberapa tanda pasti bahwa ikan itu segar. Ikan segar harus memiliki aroma ringan dan daging yang lunak, dan baru dipotong. Jangan membeli ikan yang memiliki bau sangat amis.

Ikan utuh harus memiliki mata yang cerah, menonjol dan insang merah atau merah muda cerah. Ikan segar paling baik digunakan saat itu juga. Atau, anda dapat menyimpannya hingga dua hari di bagian terdingin dari kulkas.

Ikan beku akan tetap segar seperti aslinya harus dalam lemari es pada 0 (nol) derajat atau lebih rendah, sehingga dapat bertahan tetap segar sampai tiga bulan.

Ada lima bagian ikan yang harus diatasi saat memilih ikan:

1. Insang. Ikan yang baru ditangkap memiliki insang berwarna merah atau merah muda yang tampak bersih dan segar.
2. Bau. Ikan berkualitas baik memiliki bau khas yang segar dan ringan. Tidak busuk
3. Mata. Dari ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Permukaannya pun terasa menonjol dan kenyal saat disentuh.
4. Daging Ikan. Beberapa jenis ikan memiliki warna daging putih terang, tapi ada pula jenis ikan yang memiliki warna berbeda. Apa pun jenis ikan yang dipilih, pastikan bahwa warnanya cerah dan tidak kusam.
5. Kulit dan Sisik. Kulit ikan berkualitas baik lebih tampak mengilat dengan warna yang terang, menempel dengan kuat pada tubuh ikan dan tidak mudah ditarik. (nisfah/m/dms)

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA POSKOTA NEWS

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU