oleh

Siapa Sajakah yang Sudah Lolos ke Euro 2020?

loading...

INDOSPORT.COM – Meski babak Kualifikasi Euro 2020 masih bergulir, ternyata sudah ada tim nasional yang mengamankan tiket untuk lolos ke putaran final di tahun mendatang. Siapa saja mereka?

UEFA Euro 2020 atau lebih akrab disebut Euro 2020 merupakan kompetisi sepak bola antar negara-negara Eropa dan pada edisi tahun depan, adalah sesuatu yang spesial.

Ya, biasanya UEFA menyelenggarakan hanya di satu negara dengan berbagai kota untuk menjadi tuan rumah penyelenggara kompetisi, tahun 2020 mendatang cukup berbeda.

Turnamen bergengsi di sepak bola Eropa ini akan dihelat di 12 kota di 12 negara yang berbeda dari tanggal 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Ternyata perbedaan signifikan ini punya maksud yang spesial.

Yaitu dalam rangka untuk memperingati hari jadi UEFA, Badan Sepak Bola Eropa yang ke-60 tahun. Eks Presiden UEFA, Michel Platini mengungkapkan ini adalah sebuah keharmonisan yang akan jadi luar biasa di negara-negara Eropa.

Babak Kualifikasi Euro 2020 yang dijalankan sejak Maret 2019 lalu, diikuti sebanyak 55 tim nasional, dengan Kosovo menjadi negara yang pertama kali ikut.

Grup A hingga E diisi masing-masing lima negara, sementara sisanya, Grup F sampai J diisi oleh 6 tim. Yang artinya, Grup A-E kini menyisakan 2 atau 3 pertandingan lagi, begitu juga dengan Grup F-J.

Oleh karena itu, nampaknya sah-sah saja jika ada negara atau tim nasional yang sudah mengamankan tiket untuk lolos ke putaran final Euro 2020 tahun depan.

Lantas siapa sajakah mereka? Dilihat dari hasil pertandingan Kualifikasi Euro 2020 dari Grup A hingga J, ternyata baru dua negara. Yaitu Belgia dan Italia yang lolos ke putaran final tahun depan.

Sementara Inggris, yang baru saja telan kekalahan dari Republik Ceko di laga terakhir Grup A Kualifikasi Euro 2020, Sabtu (12/10/19) dini hari kemarin, masih bisa dikejar oleh Kosovo yang hanya selisih 4 poin saat ini.

TRENDING :  Dahsyat, Marcus/Kevin Koleksi Gelar Ketujuh Musim 2019

Sementara Ukraina yang tampil impresif dalam 6 pertandingan Grup B Kualifikasi Euro 2020 mereka, dengan 5 kemenangan dan sekali imbang, belum pernah kalah, masih harus menunggu untuk tiket lolos. Mereka masih bisa dikejar oleh Portugal atau Serbia yang ada di urutan kedua dan ketiga.

Grup C juga lebih sengit, dengan tiga tim teratas di klasemen sementara sama-sama mengantongi 12 poin yakni Belanda, Jerman dan Irlandia Utara. Mungkin saja, nanti ada kejutan, Belanda atau Jerman yang tidak lolos ke Euro 2020 tahun depan.

Sementara Republik Irlandia dan Denmark juga masih mengantongi 12 poin di posisi teratas klasemen sementara Grup D. Mereka berdua juga masih bisa dikejar oleh Swiss yang mengantongi 8 poin, dengan tiga pertandingan tersisa.

Sementara di Grup E, Kroasia nampaknya lebih aman di puncak klasemen sementara dengan total 13 poin. Di bawahnya ada Slovakia yang punya 10 poin, masih bisa tergeser oleh Hungaria bahkan Wales dengan dua laga tersisa.

© https://twitter.com/SeFutbol

Gelandang Spanyol, Saul Niguez, melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Norwegia. Copyright: https://twitter.com/SeFutbolGelandang Spanyol, Saul Niguez, melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Norwegia. Copyright: https://twitter.com/SeFutbolGelandang Spanyol, Saul Niguez, melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Norwegia.

Spanyol yang baru saja menuai hasil imbang, juga masih terancam posisinya yang kini bertengger di puncak klasemen sementara Grup F. Total 19 poin dimiliki Spanyol, tapi Swedia (14 poin), Rumania (13 poin) bahkan Norwegia (10 poin) juga masih berpeluang mendapat tiket ke Euro 2020. 

Grup G juga bisa dikatakan sengit, dengan Polandia di pucuk klasemen sementara mengantongi 16 poin. Tapi Austria (13 poin), Makedonia Utara dan Slovenia (11 poin) jelas masih punya peluang, bahkan menggeser Polandia dari puncak klasemen akhir nanti.

Sementara Prancis dan Turki di Grup H masih saling sikut. Keduanya di posisi pertama dan kedua Grup H dengan total 18 poin, tapi Islandia membuntuti dengan 12 poin. Prancis dan Turki masing-masing hanya butuh satu kemenangan lagi di tiga  pertandingan tersisa.

TRENDING :  Dua Pemain Manchester United Dipaksa Turun Saat Diimbangi Chelsea

Sementara Grup I sudah mengirimkan satu negara, yakni Belgia ke Euro 2020. 21 poin yang diperoleh Belgia tak bisa lagi terkejar oleh peringkat ketiga Grup I, yakni Siprus di tiga pertandingan yang masih akan dilakoni. 

Terakhir ada Grup J, dengan Italia yang sudah aman untuk berlaga di Euro 2020. Kini mereka di puncak klasemen sementara Grup J dengan total 21 poin, tak bisa lagi dikejar oleh Finlandia (12 poin), Armenia (10 poin) dan Bosnia-Herzegovina (10 poin) yang ada di bawahnya.

Jadi yang sudah lolos hingga pertandingan Kualifikasi Euro 2020 yang dihelat pada akhir pekan ini, baru Belgia dan Italia.

Sementara Timnas unggulan seperti Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Belanda dan Portugal bisa saja memastikan lolos di pertandingan berikutnya.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA OLAH RAGA INDOSPORT

loading…

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA MENITSPORT

loading...

Komentar

ARTIKEL TERDAHULU